Suka Dukanya Belajar Merajut

Kali ini gue mau sharing tentang suka dukanya belajar merajut. FYI : gue belajar merajut via Youtube, jadi hal pertama yang gue lakukan adalah pantengin Youtube, terus gue coba, kalo masih belum bisa, gue pantengin Youtube sambil dipraktekkin, teruuuus aja gitu, dan gue ga yang sekali dua kali nyoba langsung bisa, berhari-hari latian, baru deh bisa basic-nya merajut, semakin kesini gue semakin ketagihan merajut. Dan FYI (lagi) : gue pertama belajar merajut pake kuas untuk melukis dan pensil (kacau banget) + benang murahan, karena di tempat gue tinggal cuma ada benang murahan itu dan ga ada yang jual peralatan merajut, maklum ya gue tinggal di kota kecil :D setelah belajar merajut pake kuas lukis, gue beralih pake pulpen, gue belajar merajut pake 2 pulpen yang ukurannya sama, sangaat menyedihkan, setelah belajar pake pulpen, gue beralih ke hakpen yang sebenernya untuk merenda dan bukannya untuk merajut.

Setelah menurut gue, gue udah lumayan bisa basic-nya merajut, gue mulai browsing tempat-tempat yang jual peralatan merajut & benangnya, dapetlah gue tempat – tempatnya, ada yang di Bandung, ada yang di Jakarta (gue nyari tempat yang deket-deket aja) dan kebetulan juga waktu itu gue lagi mau ke Bandung, jadilah gue mampir ke berbagai tempat yang ngejual peralatan merajut & benangnya, kalap deh ngeliat benang-benang rajut yang unyu – unyu banget, kalo ga salah gue ngabisin 300 – 400 ribu buat belanja peralatan & benang merajut. Semakin kesini gue malah jadi penasaran pengen nyobain berbagai jenis benang rajut, ada yang jenis cotton, rayon, bulky, dan lain lain dan lain lain, banyak deh jenisnya, dan unyu-unyu banget, tapi sayangnya ada beberapa (atau banyak ?) jenis benang yang ga ada (ga dijual) di Indonesia, ada sih beberapa benang import yang dijual di Indonesia, tapi ya bu harganya maharani banget. Benang favorit gue sih bulky, soalnya halus & helai benangnya besar-besar :D karena penasaran itulah akhirnya gue mulai belanja benang online, dan ternyata sama kalapnya kayak waktu belanja offline aaargh, karena ternyata ada lebih banyak lagi benang rajut yang lebih unyu -0-

Oke oke sekarang gue kasih tau suka dukanya belajar merajut.
Sukanya :
1. Seru banget, apalagi gue belajarnya via Youtube, jadi gue bisa milih mana yang mau gue pelajari dan mana yang enggak.
2. Bisa bikin apa aja sesuai selera :D
3. Bisa mengalihkan kebiasaan online berjam-jam gue, biasanya gue sibuk mantengin komputeeeer mulu, sekarang gue sibuk mantengin jarum dan benang :D
4. Jadi lebih produktif hehe.
5. Dan katanya sih merajut bisa meningkatkan ingatan.

Dukanya :
1. Karena belajar via youtube, jadi kalo gue gagal terus, gue harus bisa nyari letak kesalahan gue SENDIRI.
Itu aja sih dukanya kalo menurut gue hehe :D

UPDATE ! postingan tentang merajut gue yang lainnya, klik disini, disini, disini dan disini.

Kalo toko yang pernah gue datengin buat belanja peralatan merajut & benangnya di sekitaran jalan Otista, Bandung. Di daerah Kings (Bandung) juga ada, nama tokonya Sumber Bola, emang sih banyak yang bilang harga di toko Sumber Bola agak lebih mahal dari toko lainnya di sekitar situ, tapiiiii disitu (toko Sumber Bola) lengkap banget, hampir semuanya ada, bagi perajut pemula kayak gue sih itu kayak di surga banget deh, tinggal tunjuk apa yang dimauin (asik :D )
Kalo toko online yang sering gue “kunjungi” : craftandme.com dan benangbenang.com.

Progress gue belajar merajut :

1. Waktu pertama belajar merajut, pake pensil dan kuas lukis, super ngaco :D

2. Waktu pertama belajar merajut, pake pensil dan kuas lukis, super ngaco :D

3. Daaaan tadaaa inilah hasilnya, gatot alias gagal total haha

4. Sebenernya ini hasil rajutan kedua gue, berhubung foto hasil rajutan gue yang pertama gelap, jadi anggep aja ini hasil rajutan gue yang pertama. Akhirnya ! gue berhasil juga :D

5. Cincin rajut buatan gue yang pertama, masih kacau :D

6. Gelang rajut buatan gue yang pertama, itu sebenernya tengahnya bolong, jadi gue tutupin pake kancing haha

7. Cincin rajut buatan gue yang kedua

8. Cincin rajut buatan gue yang ketiga (kalo ga salah) mulai nyoba mix warna pake 2 benang (masih pake benang murahan :D )

9. Beberapa hasil belanja gue di Bandung

10. Syal rajut buatan gue yang pertama, akhirnya ! :D

11. Beberapa hasil belanja online gue

12. Dan sekarang gue lagi belajar pake DPNs (Double Pointed Needles) Yang di foto ini jenis benang sama ukuran needlesnya ngaco haha padahal ada anjurannya, kalo merajut pake jenis benang apa, cocoknya pake needles ukuran berapa, begicu pemirsah :D

Segitu dulu yaa dari gue, semoga bermanfaat. Happy knitting ! :D

4 Comments (+add yours?)

  1. icey
    Jun 15, 2012 @ 08:23:46

    hai, sama donk belajarnya dari youtube ^_^
    ada yang favorit ngga di youtube? saya suka upload-annya cyberseams.

    Reply

    • chewbaccashufflin
      Jun 16, 2012 @ 10:47:04

      haaai, sama ya kita, sama2 belajar dari youtube hihi :)
      waaah kalo favorit knitting channel di youtube banyak, ada cyberseams, garnstudio, knittingtipsbyjudy, newstitchaday, iknitwithcatfur, verypinkknits ehehe abis variasi & teknik knit di channel mereka banyak dan unyu2 :) coba deh mampir ke channel newstitchaday, orang yang ngerajut di video tutorialnya cowok loh :D

      Reply

  2. xinxin
    Jul 27, 2013 @ 12:54:01

    Hi there… this is really a nice & helpful blog hehe. Ohya, aku sekarang” lagi kepingin banget bisa belajar ngerajut tp aku buta banget masalah ini. Ada saran ngga aku harus mulai darimana? Dan apa aja equipment yang harus disiapin? :D thanks

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

