did you ?

pernah ngerasa kalau kamu ga pernah diperlakukan dengan baik sama orang lain ? coba deh kamu introspeksi diri kamu, apa kamu udah memperlakukan orang lain seperti bagaimana kamu mau diperlakukan oleh orang lain ? mana mungkin orang lain mau memperlakukan kamu dengan baik kalau kamunya ga pernah memperlakukan orang dengan baik. pernah denger kata-kata “jangan pernah nyubit kalau kamu ga mau di cubit” ? itu kata-kata yang simpel untuk menggambarkan bahwa jangan pernah nyakitin orang lain kalau kamunya sendiri ga mau disakitin sama orang lain. Wajar dong kalau kamu dicubit lalu nyubit balik orang yang udah nyubit kamu. Tapi sayangnya banyak orang yang ga sadar kalau dia udah memperlakukan seseorang dengan tidak baik, menurut gue itu hal yang paling parah, kenapa ? ya karena dia ga sadar, ga tau kalau yang dia lakukan itu salah. Apa kamu termasuk orang yang kayak gitu ? tenang, gue punya beberapa tips untuk “menyembuhkan” kebiasaan buruk tersebut. Disimak ya🙂

1) Perlakukanlah orang lain seperti bagaimana kamu mau diperlakukan oleh orang lain. Kalau kamu mau di perlakukan baik oleh orang lain, perlakukanlah orang lain dengan baik juga. Contoh simpelnya : mana ada orang yang mau ngebantu kamu kalau kamunya aja ga pernah ngebantu orang lain. Fair enough right ?

2) Coba posisikan diri kamu di posisi orang yang kamu perlakukan dengan tidak baik tersebut. Apa kamu seneng kalau kamu digituin ? Kalau kamu berkata kasar pada seseorang, coba posisikan diri kamu di posisi orang tersebut, apakah menyenangkan kalau kamu yang digituin ?

3) Berpikir sebelum bertindak. Nah, untuk yang satu ini banyak orang yang belum bisa menerapkan dikehidupannya, sebenarnya manusia itu tau kok teori bagaimana untuk bersikap baik, untuk memperlakukan orang lain dengan baik dan manusia juga paham untuk membedakan yang mana yang benar dan mana yang salah, TAPI kebanyakan manusia ga tau BAGAIMANA dan KAPAN untuk menerapkan pengetahuan-pengetahuan dan teori-teori yang udah dia punya tersebut. Coba aja kamu tanya ke temen-temen kamu atau ke orang yang lebih tua tentang bagaimana harus berlaku baik, pasti mereka tau dan ngerti, tapi mereka ga tau bagaimana untuk menerapkan hal-hal itu ke dalam kehidupannya sendiri. Bagi yang udah bisa menerapkan hal-hal baik yang kamu punya (dan kamu tau) : keep up the good work !

4) Mulailah dari diri kamu sendiri. Kalau orang lain belum juga memperlakukan kamu dengan baik, padahal kamu udah memperlakukan mereka dengan baik, jangan jadi seperti mereka, mulailah dari diri kamu sendiri, dengan kamu bertahan untuk memperlakukan orang lain dengan baik, berarti kamu udah “mengajarkan” mereka satu hal baik, and that is a positive way to make a better relationship. Tapi inget ya, memperlakukan orang lain dengan baik bukan berarti kamu diem aja kalau kamu diinjak-injak atau diperlakukan semena-mena sama mereka, kamu boleh (dan harus) mempertahankan harga diri kamu, tapi bukan berarti juga kamu mengekspresikannya dengan marah-marah ga jelas, kasih tau ke mereka gimana perasaan kamu tentang perlakuan mereka, atau kalau ga mempan juga, tinggalin aja orang yang kayak gitu, atau  kalau kamu emang ga bisa ninggalin orang tersebut (contoh : orang tersebut adalah teman sekelas kamu, ga mungkin kan kamu jadi pindah kelas apalagi pindah sekolah ?) kamu bisa kok jaga jarak sama dia, kurangi intensitas ketemu atau ngobrol sama dia, toh percuma juga kan kalau kamu udah ngasih tau dia baik-baik tapi dianya ga berubah juga, masih banyak orang baik dan menyenangkan di dunia ini, go find the good one and leave  the bad one ! dan inget : karma masih berlaku kok, jadi cepat atau lambat orang yang memperlakukan kamu dengan tidak baik tersebut bakal nerima akibatnya. Hal ini juga bisa bikin kamu makin dewasa loh, Tuhan lagi nguji kamu, apa kamu sanggup dikasih situasi kayak gini ? diperlakukan dengan tidak baik padahal kamu udah memperlakukan orang lain dengan baik. Kalau kamu berhasil ngelewatin situasi ini, berarti kamu udah berada satu tingkat lebih tinggi dibandingin orang yang udah memperlakukan kamu dengan semena-mena terbsebut. You should be proud of yourself !

 

Itu tadi beberapa tips dari gue, semoga berguna yaaa !😀

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: