Bukan Salah Si Komo

Ada apa dengan si Komo ? waktu gue masih kecil si Komo sering disebut-sebut sebagai penyebab macet, ternyata eh ternyata itu semua hanyalah kebohongan semata (hahasik😛 )

Udah ah to the point aja, gue mau ngebahas tentang penyebab kemacetan di Indonesia tercintah ini. Guru les bahasa Inggris gue pernah bilang kalau (dia orang Inggris, Mr. Chris namanya) orang-orang Inggris lebih suka naik transportasi umum dibandingkan punya kendaraan sendiri, kenapa ? karena proses pengurusan kepemilikan kendaraan pribadi disana susah, pemerintahnya sengaja mempersulit proses pengurusan kepemilikan kendaraan pribadi supaya rakyatnya pada menggunakan transportasi umum yang sudah disediakan oleh pemerintah, apa aja sih yang bikin proses mengurus kepemilikan kendaraan pribadi disana susah ? seinget gue (kalau ga salah) pajak kepemilikan kendaraan pribadi disana mahal banget, bensin mahal, dan banyak peraturan-peraturan lainnya yang agak ribet yang harus dipatuhi untuk bisa punya kendaraan pribadi disana (CMIIW aja ya kalau ternyata infonya ada yang kurang tepat) coba sekarang bandingkan dengan di Indonesia ? satu keluarga bisa dan ada yang punya mobil 5, motor 3, sepeda 4, becak 2, odong-odong 7 (mau buka showroom buu ?) lo mau punya kendaraan apa ? yang kayak gimana ? tinggal beli, yang penting punya duitnya, proses pengurusan kepemilikan kendaraan pribadi di Indonesia nih gampang banget saudara-saudara, bensin masih terjangkau, pajak kepemilikan kendaraan pribadi ga mencekik kaum berduit, ga heran jalanan macet setiap hari, nih ya misalkan kapasitas jalan raya di desain untuk maksimal menampung 200.000 kendaraan, tapi ternyata kenyataannya ada 400.000 kendaraan di jalan raya, gimana ga macet ? pelebaran jalan raya udah sering banget dilakukan, tapi kan ga mungkin semua wilayah Indonesia ini di bangun hanya untuk dijadiin jalan raya ?
Peraturan proses kepemilikan kendaraan pribadi di Inggris bisa banget di aplikasiin di Indonesia DENGAN SYARAT pemerintah Indonesia perbaiki dulu SEMUA transportasi umum di Indonesia, ga harus mewah kok, yang penting aman, nyaman dan dengan harga yang terjangkau🙂

Gue setuju sama keputusan pemerintah yang naikkin harga BBM, kenapa ? karena menurut gue itu bisa jadi salah satu cara untuk SEDIKIT mengurangi kemacetan di Indonesia tercintah ini. Jangankan ngurus satu negara, ngurus satu keluarga yang cuma terdiri dari 4 atau 5 kepala yang masing-masing anggotanya punya pendapat sendiri-sendiri aja susahnya minta ampun, apalagi ngurus satu negara yang punya berjuta-juta kepala dan pendapat sendiri-sendiri ? ngurus negara itu ga gampang maaan, sebagai rakyat tuh jangan bisanya cuma demo dan ngerusak fasilitas umum doang, carilah jalan keluarnya apa, terus ajak diskusi tuh pejabat-pejabat yang punya kuasa sama masalah yang bersangkutan, diskusinya pake kepala dingin !

Jadi intinya penyebab kemacetan di Indonesia tercintah ini adalah terlalu banyaknya jumlah kendaraan yang ada di jalan raya, dan penyebab terlalu banyaknya jumlah kendaraan di jalan raya adalah karena mudahnya proses pengurusan kepemilikan kendaraan pribadi. So, jangan salahin si Komo lagi yaa ;P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: