Awas Luntur !

Orang timur dikenal sebagai orang yang sopan dan ramah, TAPI itu dulu, sekarang ? hampir ga ada bedanya sama orang barat, bukan berarti orang barat ga sopan dan ramah ya, maksud gue orang barat juga ramah dan sopan TAPI dalam versi mereka sendiri yang belum tentu bagi orang timur versi sopan dan ramah mereka bisa digolongkan dalam kategori sopan dan ramah versi timur. MENURUT GUE media massa adalah penyebab utama terjadinya kemunduran moral di Indonesia tercintah ini, kenapa ? karena MENURUT GUE media massa punya right (hak) untuk menyiarkan apapun yang MENURUT MEREKA layak untuk disiarkan, dan tayangan-tayangan yang mereka siarkan itu bisa banget membuat atau membentuk pencitraan terhadap seseorang atau sesuatu. Dan lagi orang timur hobi meniru hal-hal yang menurut mereka keren atau menurut mereka pantas buat ditiru yang padahal sebenarnya belum tentu pantas untuk ditiru. Contohnya : banyak sinetron yang menayangkan artis-artis yang berpakaian sekseh, atau tayangan-tayangan yang menayangkan hal-hal yang sebenarnya ga layak untuk dipertontonkan, misalnya : memperlihatkan kemesraan di depan khalayak ramai atau bahasa kerennya PDA (Public Display of Affection), memperlihatkan bahwa berteriak pada orang tua itu adalah hal yang biasa, atau memperlihatkan bahwa kemewahan adalah satu-satunya hal yang diperlukan di dunia ini. O EM JEH, bobrok banget ya tayangan-tayangan di negeri tercintah ini ?

Beberapa kebiasaan timur yang mulai luntur adalah :

1. Cium tangan orang tua
Coba diinget-inget lagi kapan terakhir kali cium tangan orang tua sebelum dan setelah pergi ? 10 tahun lalukah ? 20 tahun lalu kah ? emang apa sih yang salah dengan mencium tangan orang tua ? bukan berarti cuma karena usia lo bertambah, kewajiban lo untuk bersikap sopan sama orang tua jadi berkurang kan ? toh setua apapun lo, orangtua lo bakal terus sayang sama lo, no matter what happen to you, right ? gue juga bukan orang yang SELALU inget untuk cium tangan orang tua sebelum & sesudah pergi, tapi gue selalu berusaha untuk cium tangan orangtua gue setiap sebelum & sesudah pergi.

2. Bilang “permisi”
Dulu kalau yang muda mau lewat di depan yang lebih tua, yang muda pasti bilang permisi atau lewat sambil membungkukkan badan, kalau sekarang ? mmmmmm

3. Bilang “tolong”
Kalau yang ini banyak terjadi pada anak kecil nih, gatau kenapa kayaknya sekarang banyak banget anak-anak kecil yang ga atau kurang sopan sama yang lebih tua, mau minta tolong diambilin ini itu, tanpa bilang “tolong” dulu, ya ampuuun para orangtua, pliiis deh anak-anaknya diajarin sopan santun.

4. Bilang “maaf”
Gatau kenapa kayaknya sekarang kata “maaf” itu mahal harganya, kayaknya kalau jaman sekarang tuh “maaf” dianggap sebagai kata yang bisa bikin harga diri orang jatuh, astagaa kalau lo emang salah ya mau ga mau lo harus bilang maaf lah, kalau ga mau bilang “maaf” ya jangan berbuat salah.

5. Ngumpul bareng keluarga
Mungkin bagi sebagian orang tradisi ini masih ada, tapi ga sedikit juga yang udah hampir ga pernah menghabiskan waktu bareng keluarga, walaupun hanya untuk sekali dalam seminggu. Yang terjadi biasanya si anak sibuk sama teman-temannya, si Ibu sibuk sama pekerjaannya atau sama teman-teman arisannya, si Ayah sibuk sama pekerjaannya atau sibuk sama hobinya, sekalinya semua anggota keluarga ada di rumah, pada tidur semua, yaaaah sayang sekali saudara-saudara.

6. Bersabar
ow ow ow yang ini berlaku bagi kalangan muda dan tua nih, sejak era 2000-an banyak banget peralatan elektronik instan yang menawarkan berbagai layanan dengat cepat, ga heran sekarang banyak orang yang ga sabaran karena udah kebiasaan mendapatkan segala sesuatunya dengan cepat, padahal kan hal-hal atau peralatan elektronik itu diciptakan untuk membantu manusia menghemat waktu untuk satu pekerjaan sehingga manusia tersebut bisa melakukan pekerjaan lain dalam waktu yang singkat.

7. Berpakaian
Ga berarti gue nyaranin untuk berpakaian gamis loh ya, maksud gue sopan disini ga harus pake pakaian yang nutupin semua badan lo, tapi ga yang memperlihatkan bagian-bagian yang emang ga seharusnya untuk diperlihatkan juga, yaaa yang sepantasnya ajalah. Pakai apa yang menurut lo bagus, nyaman dan LAYAK untuk diliat sama orang banyak, bukan untuk pamer loh ya, lo semua pasti berpakaian kan kalau mau keluar rumah ? itu maksud gue dari kata “LAYAK untuk diliat sama orang banyak” (kecuali rumah lo di depan kuburan, mau keluar pake sarung juga bodo amat😛 )

8. Senyum dan sapa
siapa yang masih suka senyum dan sapa sama orang yang kita kenal kalau ketemu dijalan atau dimanapun ? saluut

9. Musyawarah
Sekarang lebih mementingkan egonya masing-masing.

10. Gotong Royong
wah kapan nih terakhir kali gotong royong ? jaman sekarang orang cenderung milih untuk membayar orang untuk melakukan atau memperbaiki sesuatu, misalkan mau membangun pos kamling, orang sekarang lebih milih untuk membayar orang lain atau tukang untuk membangun pos kamling tersebut. MONEY RULES DUDE !

 

Gue juga belum jadi orang yang sepenuhnya “timur” ko, tapi gue berusaha untuk ga menjadi “barat” sepenuhnya juga, kebiasaan atau apapun yang menurut gue bagus dan layak untuk ditiru dari berbagai kebudayaan dari barat, timur, selatan, barat daya, barat laut, tenggara, atau dari manapun ya gue aplikasiin di hidup gue, selama hal-hal itu bisa membuat diri gue jadi lebih baik. Gue ga bermaksud untuk menggurui atau sok-sok an loh ya, cuma mau mengingatkan, maaf kalau ada yang tersinggung, silahkan introspeksi diri masing-masing🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: