Titanic (Sebenarnya Bisa) Selamat

Tanggal 15 April 2012 kemaren jadi hari dimana tepat 100 tahun sejak tenggelamnya kapal Titanic (Titanic menabrak bongkahan es pada pukul 23:40 (ship’s time) on Sunday, 14 April 1912 dan tenggelam 2 jam 40 menit kemudian pada pukul 02:20 (05:18 GMT) on Monday, 15 April 1912 [Wikipedia]) di samudra North Atlantic (Titanic sedang berlayar dari Southampton, UK menuju New York, US) dan setelah gue nonton acara yang udah gue tunggu-tunggu yaitu acara “Titanic Mystery Solved” dan “Unsinkable Titanic” di TV channel “History”, gue memutuskan untuk berbagi apa yang udah gue dapet & gue tangkep dari 2 acara tersebut. Tapi sebelumnya tolong hilangkan dulu bayangan-bayangan dari cerita Titanic di film yang pernah lo tonton, karena sekarang gue lagi mau ngebahas Titanic yang sebenarnya dan BUKAN Titanic versi yang ada di film.

As we all know kalau Titanic disebut-sebut sebagai unsinkable ship (betapa angkuhnya manusia ckckck) pada masanya, yaitu tahun 1912, tapiiii kenyataan berkata lain. Pertanyaan yang muncul adalah kenapa dan apa penyebab Titanic bisa tenggelam padahal slogannya adalah “unsinkable ship” ? let’s off to topic.

Sebenarnya Titanic bisa selamat KALAU :

1. Titanic membiarkan kapal bagian depannya menabrak bongkahan es instead of menghindarinya yang malah membuat sisi kanan kapal tergores & menyebabkan bocornya Titanic, kenapa membiarkan kapal bagian depannya menabrak bongkahan es lebih baik ? karena pada tahun 1879, ada kapal yang pernah menabrak bongkahan es dan berhasil selamat, memang bagian depannya hancur berat TAPI kapalnya bisa tetap mengapung dan seluruh penumpangnya bisa diselamatkan, yang terjadi pada Titanic sebaliknya, kapal Titanic malah menghindari bongkahan es dengan membanting arah ke kiri yang menyebabkan kapal Titanic tergores besar pada bagian kanan & membuat kapal Titanic bocor, dan air dengan cepat masuk ke dalam kapal Titanic, kalau gue ga salah inget air yang masuk ke dalam Titanic sekitar 400 ton liter air per detik. Bocornya Titanic tersebut menyebabkan Titanic tenggelam dalam waktu kurang dari 3 jam, padahal menurut seorang ahli kelautan, KALAU Titanic membiarkan kapal bagian depannya menabrak bongkahan es, kapalnya akan bisa tetap mengapung and all of the passengers bisa diselamatkan. Titanic memang menabrak bongkahan esnya TAPI bagian sampinglah yang tertabrak bongkahan es dan BUKANNYA bagian depan. Sebenarnya Titanic punya ruang kedap air, tapi karena jumlah air yang masuk terlalu banyak jadi ruang kedap airnya ga berguna. Dan sebenarnya (kalau ga salah inget) jumlah sekoci yang disediakan di Titanic cukup untuk menyelamatkan semua penumpang TAPI Titanic ga punya cukup waktu untuk menurunkan semua sekocinya.

2. Sebenarnya bongkahan es sudah terlihat ada di depan Titanic dari jarak sekitar 918 km, tapi karena malam dimana Titanic berlayar ga ada bulan (tidak adanya bulan membuat keadaan sekitar lebih gelap dibanding kalau ada bulan) dan ditambah awak yang bertugas di anjungan (yang bertugas memantau keadaan laut di depan kapal dari anjungan yang ada di atas kapal) tidak diberi teropong, awak kapal baru melihat bongkahan es dari jarak sekitar 9 meter.

3. Beberapa hari sebelum Titanic berlayar, ada beberapa bagian kapal yang “ditambal” atau ada beberapa bagian yang lapisannya ditambah dengan maksud untuk mempertebal dan memperkuat bagian yang “ditambal” tersebut, dan pada bagian yang “ditambal” itulah bongkahan es menggores Titanic. Ada apa dengan “tambalan” tersebut ? ternyata paku yang digunakan untuk “menambal” yang menjadi salah satu faktor penyebab dari tenggelamnya Titanic, karena paku yang digunakan SEBELUM bagian tersebut “ditambal” dan paku yang digunakan SETELAH bagian tersebut “ditambal” BERBEDA, setelah diteliti baru-baru ini, ternyata ada beberapa paku dari “tambalan” tersebut yang berbeda, dalam “tambalan” tersebut ada dua jenis paku yang digunakan, yaitu : paku yang terbuat dari baja DAN yang terbuat dari besi tempa, paku yang terbuat dari besi tempa 6 kali lebih lemah dari paku yang terbuat dari baja, paku tersebut memang dibuat untuk berlayar TAPI tidak dibuat untuk menahan goresan bongkahan es. Pada saat bagian samping kanan yang “ditambal” tersebut menggores bongkahan es, ada beberapa kepala paku yang patah dan menyebabkan “tambalan” terbuka yang membuat kapal bocor.

Jadi kesimpulannya, walau manusia sudah merencanakan apapun semaksimal apapun, kalau dibumbui kesombongan dan kalau Tuhan berkehendak lain, hasilnya bisa berbeda dari apa yang kita harapkan. But, God knows best🙂

Itu yang gue tangkep dari acara “Titanic Mystery Solved” dan “Unsinkable Titanic” yang gue tonton kemaren di TV channel “History”, maaf kalau ternyata ada info yang salah atau keliru, gue cuma mau berbagi apa yang udah gue dapet hehe semoga bisa menambah wawasan bagi yang udah baca artikel di blog gue ini yaaaa🙂

Please sertakan link blog gue if you want to copas this blog post ! I wrote this with my whole heart❤

All credits go to “Titanic Mystery Solved” dan “Unsinkable Titanic” on History TV channel at April 15th 2012.

4 thoughts on “Titanic (Sebenarnya Bisa) Selamat

  1. bagus artikelnya😀
    dibayangan gue Titanic ya Leonardo dicaprio sama Kate Winslet😛

  2. Yakin tuh statement no.1 ?
    Justru menurut gw, kalo kapal dibiarkan menabrak malah lebih parah.
    lo bayangin deh kapal seberat 22000 ton dengan kecepatan 40km/jam, tiba2 berhenti karena menabrak es. Semua orang pasti terpental keras ke depan, dalam tabrakan tersebut mungkin 75% orang yang ada di dalam dek kapal pasti mati karena terbentur keras. Kapal ini juga dirancang bukan untuk ditabrak, kapal ini ada beebrapa kompartmen, justru kalo ditabrak, bakal banyak bagian2 besi yang penyok dan robek, seluruh kompartemen dipastikan bocor, dan kapal dipastikan tenggelam dalam beberapa menit saja bukannya dalam hitungan jam.

    saya kira langkah kapten smith untuk banting stir ke kiri sudah tepat. ibaratnya walaupun bakal tenggelam, tapi diperlambat sehingga ada waktu untuk evakuasi penumpang. daripada dibiarkan menabrak, malah gak ada kesempatan buat evakuasi plus pasti orang2 sudah pada mati di dalam dek kapal.

    cmiiw,

    • hello there ! thanks for visiting ya😀
      bukan masalah yakin atau ga, soalnya yang gue paparin disini bukan berdasarkan “menurut gue” tapi berdasarkan info yang dipaparkan di tayangan “Titanic Mystery Solved” dan “Unsinkable Titanic” di channel History TV di bulan April 15th 2012, kalau lo tanya gue yakin atau ga sama yang gue paparin disini, ya gue yakin, karena info yang gue tulis di blog gue ini berdasarkan dari 2 tayangan TV itu which of course sebelum mereka tayangin pasti mereka did some research of it first😉

Leave a Reply

