The Olive Oil, Honey !

Hal yang (menurut gue) paling susah kalau mau posting sesuatu di blog adalah bikin kata-kata pembukaan atau openingnya *sigh* sampe sekarang gue masih suka bingung kalau harus bikin opening words, (menurut gue) opening tuh sama aja kayak basa-basi sebelum writer off to the main point atau topiknya. Kayaknya gue harus mulai nonton sinetron menye-menye nih biar jago bikin kata-kata basa-basi hahaha😛

Gue sekarang lagi mau bahas tentang Olive Oil alias minyak zaitun dan Honey alias madu. Olive oil dan madu bagus banget loh buat kulit, karena olive oil dan madu mengandung zat-zat yang bagus buat melembabkan kulit. Pengalaman gue sendiri waktu kulit gue tiba-tiba jadi kering ga ketolongan sih gue browsing tentang bahan-bahan alami yang bisa membuat kulit jadi lembut, dari hasil browsing, kesimpulan yang gue dapet adalah minyak zaitun dan madulah yang bagus buat melembabkan kulit, sebenarnya sih banyak kok things that can make the skin jadi lembut, ga cuma minyak zaitun dan madu aja, tapi yang gampang di dapet di Indonesia apalagi di kota kecil ya cuma minyak zaitun dan madu. Cara penggunaannya gampang kok, cuma tinggal diolesin di bagian kulit yang kering, kalau untuk madu caranya adalah lo olesin madu secukupnya di area kulit yang kering, diamkan selama 30-40 menit, terus bilas area yang diolesin madu itu pake air hangat, kalau untuk minyak zaitun cara penggunaannya adalah lo olesin aja minyak zaitun secukupnya di area kulit yang kering setiap lo selesai mandi atau setiap lo selesai cuci tangan, karena air dan sabun bisa bikin kulit kering, apalagi katanya sabun antibakteri bisa banget bikin kulit jadi kering, makanya salah satu hal yang gue lakukan waktu kulit gue tiba-tiba jadi kering banget banget adalah mengganti sabun mandi antibakteri gue dengan sabun mandi yang kaya sama kandungan yang melembabkan kulit, and it works ! oya madu dan olive oil work better if you use them before you go to bed at night.

Olive oil punya jenis yang bermacam-macam loh, biar ga bingung, check this info out aja ya :

Extra Virgin Olive Oil : Dihasilkan dari proses ekstrak atau pemerasan pertama melalui proses Cold Press (perasan dingin). Artinya buah zaitun tidak mengalami proses pemanasan seperti dicelup dalam air panas. Harga minyak Extra Virgin lebih mahal karena berasal dari buah zaitun dengan kualitas nomor satu. Kandungan vitamin dan mineralnya masih alami dan lengkap sehingga dapat dikonsumsi langsung. Kadar keasamannya seimbang dengan rasa, aroma dan warnanya.

Virgin Olive Oil : Minyak jenis ini dihasilkan melalui proses perasan dingin namun dari ekstrak atau perasan kedua. Tingkat keasamannya lebih tinggi. Minyak zaitun jenis ini dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan salad dressing.

Fino Olive Oil : Minyak zaitun jenis ini merupakan hasil percampuran Extra Virgin dan Virgin.

Pure Olive Oil : Minyak jenis ini merupakan minyak zaitun hasil penyulingan. Harganya lebih ekonomis dan terjangkau dibandingkan harga Extra Virgin namun kandungan nutrisinya lebih rendah. Minyak zaitun jenis Virgin ditambahkan untuk menambah dan memperkuat rasa. Minyak jenis ini biasa digunakan untuk memasak.

Extract Dan Refined Olive Oil : Walaupun dihasilkan dari perasan pertama, namun jenis minyak zaitun ini diproses secara kimia. Untuk memperkuat rasa minyak, Minyak zaitun jenis Virgin ditambahkan ke dalamnya.

Extra Light Dan Light Olive Oil : Minyak zaitun jenis ini merupakan hasil pemurnian dari hasil ekstrak atau perasan minyak zaitun yang berkualitas rendah. Aromanya tidak setajam aroma minyak zaitun jenis Extra Virgin dan Virgin. Harga yang dibanderol untuk kedua jenis minyak ini cukup murah. Kualitas kedua jenis minyak ini pun berbeda-beda, dapat dikenali berdasarkan perbedaan aroma, rasa dan warna.

Pomace : Residu minyak zaitun yang tersisa dari proses perasan kedua tidak dibuang begitu saja tapi mampu diproses kembali. Jenis minyak zaitun ini diproses secara kimia dan ditambahkan minyak Virgin untuk memperkuat rasanya. Biasa dijadikan bahan baku kosmetik, shampoo, sabun dan lainnya.

Penting loh untuk tau jenis-jenis olive oil, soalnya di kemasan produk olive oil biasanya ada keterangan yang ngasih tau produk olive oil tersebut termasuk ke jenis yang mana, jadi kalau lo beli suatu produk olive oil, lo ga bingung lagi untuk nyari produk olive oil yang sesuai sama kebutuhan lo.

Move to Honey. Menurut salah satu website yang gue temuin, madu ga cuma mengandung zat-zat yang bagus buat kulit, tapi madu juga mengandung zat-zat yang bermanfaat banget buat tubuh, apa sajakah itu ? check this one out : “rasa manis gula yang terdapat pada madu itu berlipat-lipat jika dibandingkan dengan rasa manis gula buatan. Dan bahwa jenis gula yang terkandung dalam madu adalah lebih dari lima belas jenis. Di antaranya adalah fruktosa (gula buah) glukosa gula anggur), sukrosa (gula tebu), dan maltosa (gula gandum). Di dalam madu juga terkandung berbagai vitamin yang barangkali telah memenuhi seluruh vitamin yang dibutuhkan oleh manusia, yaitu : A, B1, B2, B3, B5, B6, D, K, E, Uric Acid, dan asam nikotinat. Ini semua merupakan vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan dengan mudah bisa terserap oleh tubuh selama satu jam setelah minum madu. Berbeda dari berbagai vitamin yang terdapat secara terpisah-pisah pada berbagai makanan lain yang lebih lambat penyerapannya dibandingkan vitamin yang terdapat di dalam madu. Di dalam madu juga terkandung antibioitik yang melindungi manusia dari seluruh penyakit dan membunuh berbagai bakteri dan mikroba. Telah diketahui pula bahwa di dalam madu terdapat dotorium (hydrogen berat) yang berfungsi sebagai anti kanker.”

Ini nih alesan gue rajin minum madu kalau lagi bulan puasa dan kalau gue lagi sakit atau kalau gue lagi kurang sehat, emang ga rutin setiap hari sih tapi kan masih lebih baik daripada ga minum sama sekali hehe padahal kalau boleh jujur sih, gue ga terlalu suka sama madu karena rasanya yang terlalu manis bikin gue jadi mual, tapi kalau ngeliat dari sisi khasiatnya, gue buang jauh-jauh deh rasa mualnya, demi khasiatnya yang bagus banget buat diri gue sendiri.

Semoga postingannya bermanfaat yaaa, stay healthy and love yourselves !😀

 

 

 

 

Referensi :

http://manfaatzaitun.blogspot.com/2012/07/beberapa-jenis-minyak-zaitun.html

http://kautsarku.wordpress.com/2009/02/20/kandungan-madu-yang-menakjubkan/

*note : “Referensi” dan “Sumber” beda loh, “Referensi” adalah BEBERAPA bagian dari artikel dari website orang lain yang kita pakai, sedangkan “Sumber” adalah menyalin SEMUA bagian dari artikel dari website orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: