Donor Rambut ? Di Indonesia ? How ?

Good night all ! It’s been long time since the last time I posted something on my blog😀

Having a really busy weeks lately, so….

Udah pernah denger tentang donor rambut belum ? Kalau belum, nih gue kasih tau sekilas pengertian tentang donor rambut. Setau gue sih donor rambut adalah salah satu cara untuk membantu pasien kanker yang kehilangan rambutnya karena menjalani kemoterapi, jadi nanti rambut-rambut yang disumbangin dari orang lain, diolah jadi wig lalu wig tersebut disumbangkan untuk para penderita kanker, tapi ga semua jenis rambut bisa diterima / layak untuk disumbangkan loh, setiap lembaga atau yayasan penerima donor rambut punya kebijakannya sendiri-sendiri untuk kualifikasi rambut yang bisa didonorin, contohnya rambut sisa-sisa yang udah jatuh dilantai (yang udah ga utuh) atau rambut yang diwarnai, atau rambut yang kurang dari 12cm adalah rambut yang ga bisa atau ga layak untuk didonorin. Cara untuk memotong rambut untuk didonorkan juga beda-beda di setiap lembaga atau program, tapi umumnya sih caranya adalah : pertama rambut dicuci bersih (keramas), dikeringkan, diikat kebelakang (pony tail), lalu rambut dipotong atau digunting di atas (sebelum) karet rambut, jadi biar kalau udah di potong, rambutnya ga berantakan dan tetap terikat rapi. Tapi sayangnya di Indonesia hal kayak gini belum umum, jadi belum banyak lembaga atau program yang mengurusi donor rambut, kalaupun ada, tata caranya lebih ribet dari tata cara lembaga di barat sana. Karena setau gue kalau di Indonesia lo ga bisa tiba-tiba pengen potong rambut, terus rambut lo dimasukkin amplop terus dikirim ke lembaga pengurus donor rambut gitu aja. Kalau di Indonesia lo harus bayar beberapa puluh ribu dan ngisi form ini itu, dan bla bla bla, beda sama di barat, karena di sana udah banyak program atau lembaga yang ngurusin donor rambut, caranya juga simple lo tinggal cuci (keramas) rambut lo, dikeringkan, diikat kebelakang (pony tail), dipotong, masukkin ke plastik yang layak, terus masukkin ke amplop, kirim dan selesai ! Kalaupun ternyata rambut yang udah lo kirim ga layak, biasanya lembaga tersebut bakal ngirim balik (ngembaliin) rambut yang udah lo kirim.

Gue sebenernya pengen banget bisa donorin rambut gue, karena menurut gue hal itu adalah hal yang tergampang untuk nolong sesama (yaa selain mendoakan kesembuhan) tapi sayangnya di Indonesia hal kayak gitu belum umum, jadi masih susah untuk mewujudkan keinginan gue buat “mendonorkan” rambut gue.

That’s it yaa for now, semoga bisa menambah wawasan (hahaseek) yang baca😀 good night all !

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Donor Rambut ? Di Indonesia ? How ?

  1. Christien says:

    Gw uda potong rambut gw, sekarang lagi nyari, ada ga ya yayasan gitu di Indonesia Raya tercinta ini???

    • hi there ! thanks yaa udah mampir😀
      gue pernah deh dapet website Indonesia yang berurusan sama donor rambut gitu, tapi lupa apa website-nya, jadi website itu suka ngadain acara semacam donor rambut gitu, tapi menurut gue step untuk bisa jadi “pendonor”-nya masih agak ribet dibandingin step diluar negeri sana ehehe, jadi kalau yang gue baca di website itu, “pendonor” harus isi formulir bla bla bla, dan harus bayar deh kalau ga salah, tapi lupa uangnya itu dipakai buat apa, buat si penerima donor rambutnya gitu deh kalau ga salah. Kalau di luar kan kita bisa “donorin” rambut kapan aja, ga harus nunggu ada pihak yang ngadain event donor rambut kayak di Indo😀

Leave a Reply

